5 Rekomendasi Koperasi Simpan Pinjam di Kupang NTT

Kupang, sebagai pusat ekonomi dan ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memainkan peran sentral dalam pengembangan ekonomi regional. Kota ini, dengan keberagaman budaya dan potensi ekonomi yang kaya, melihat pertumbuhan signifikan dalam berbagai sektor. Meskipun demikian, masyarakat Kupang, seperti banyak kota di Indonesia, masih menghadapi tantangan ekonomi yang perlu diatasi.

Dalam rangka mengatasi berbagai kebutuhan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku usaha mikro dan kecil, Koperasi Simpan Pinjam di Kupang memiliki peran yang strategis. Koperasi simpan pinjam tidak hanya menjadi lembaga keuangan inklusif, tetapi juga menjadi alat yang efektif untuk memperkuat daya saing ekonomi masyarakat lokal.

Dalam konteks ini, artikel ini akan memberikan rekomendasi tentang beberapa Koperasi Simpan Pinjam di Kupang, NTT, yang tidak hanya menawarkan layanan finansial yang andal tetapi juga berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Rekomendasi Koperasi Simpan Pinjam di Kupang NTT

Peran koperasi simpan pinjam menjadi semakin vital dalam memberikan dukungan finansial kepada masyarakat serta memperkuat struktur ekonomi lokal. Berikut adalah rekomendasi KSP yang ada di Kupang: 

1. Koperasi Kredit Sangosay

Koperasi Kredit Sangosay

Koperasi Kredit Sangosay, sebagai salah satu koperasi terkemuka di Kupang, NTT, telah menjadi tonggak utama dalam mendukung perekonomian lokal. Dengan reputasi yang kuat sebagai lembaga keuangan yang aman, terpercaya, dan berkelanjutan, Koperasi Kredit Sangosay telah memainkan peran krusial dalam memberikan akses finansial kepada masyarakat setempat.

Didirikan pada tanggal 18 Juni 1983, Koperasi Kredit Sangosay telah menjadi mitra yang andal bagi ribuan warga Kupang. Kepemilikan badan hukum yang sah, seperti yang tercatat dalam laman Kementerian Koperasi dan UMKM, menjadi bukti keterbukaan dan kredibilitas koperasi ini. Tanggal tersebut mencerminkan komitmen jangka panjang Koperasi Sangosay dalam memberikan layanan keuangan berkualitas.

Jumlah anggota yang mencapai 104.321 pada tahun 2021 menjadi indikator nyata dukungan luas dari masyarakat terhadap Koperasi Kredit Sangosay. Keanggotaan yang signifikan mencerminkan kepercayaan yang tinggi terhadap koperasi ini sebagai mitra keuangan utama.

Alamat Kantor Jl. Frans Seda, Fatululi, Kec. Oebobo, Kota Kupang
Layanan – Simpanan
– Pinjaman
– Asuransi
Jam Buka Senin – jumat ( 08.00 – 14.30)Sabtu ( 8.00 – 12.00) 
No. Telepon082196237915

2. KSP Kopdit Obor Mas

KSP Kopdit Obor Mas

Dengan data terbaru per tanggal 21 Februari 2023, KSP Kopdit Obor Mas berhasil menarik perhatian masyarakat dengan jumlah anggota yang mengesankan, mencapai 129.646 orang. Fakta ini menjadi bukti nyata keberhasilan koperasi dalam memberikan layanan keuangan yang aman dan dapat diandalkan.

Salah satu indikator kestabilan dan kepercayaan terhadap KSP Kopdit Obor Mas terletak pada kepemilikan saham yang mencapai Rp 1,165 Triliun. Jumlah ini mencerminkan dukungan finansial yang signifikan dari anggota dan investasi yang terkelola dengan baik oleh koperasi. Keberhasilan ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi anggota tetapi juga menciptakan fondasi keuangan yang kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Prestasi luar biasa KSP Kopdit Obor Mas telah mendapatkan perhatian puncak, terbukti dengan kunjungan langsung Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, pada tahun 2021. Penghargaan ini menegaskan bahwa KSP Kopdit Obor Mas bukan hanya menjadi kebanggaan Kupang, tetapi juga meraih pengakuan nasional sebagai salah satu koperasi terbaik di Indonesia.

Alamat Kantor Depan Hotel Charvita, Jl. W.J Lalamentik, Ruko 71D, Fatululi, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Tim. 85714
Layanan– Simpanan (saham & non saham)
– Pinjaman
Jam Buka Senin – Sabtu ( 07.00 – 17.00)
No. Telepon082144453298

3. KSP Kopdit Swasti Sari

KSP Kopdit Swasti Sari

Sejak berdiri pada tahun 1990, KOPDIT Swasti Sari telah membuktikan diri sebagai pilar keuangan yang kokoh dan dapat diandalkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dengan total 111.811 anggota pada saat ini, koperasi ini tidak hanya mengukir jejak sejarah yang kuat tetapi juga menjadi mitra keuangan utama bagi berbagai lapisan masyarakat di wilayah tersebut.

Laporan per 20 Oktober 2022 mencatat bahwa KOPDIT Swasti Sari mengelola tim yang terdiri dari 364 orang karyawan, dengan 24 orang di antaranya merupakan manajer yang berkompeten. Keberhasilan operasional dan manajemen yang baik menciptakan lingkungan yang stabil dan efisien, memberikan keyakinan kepada anggota dan pihak terkait.

Alamat Kantor Jl. Sumatera No.21, Fatubesi, Kec. Kota Lama, Kota Kupang
LayananРPinjaman 
– Simpanan
Jam Buka Senin – Jumat (08.00 – 17.00)
No. Telepon(0380)8438877

4. KOPDIT PINTU AIR

KOPDIT PINTU AIR

Sejak berdiri pada tahun 1995, KSP Kopdit Pintu Air telah menjadi kekuatan ekonomi yang tak terbantahkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dengan dedikasi yang tinggi terhadap kesejahteraan anggotanya, koperasi ini telah meletakkan dasar yang kuat bagi pertumbuhan dan keberlanjutan ekonomi masyarakat.

Jumlah karyawan sebanyak 788 orang yang tersebar di NTT, menunjukkan skala dan dampak positif yang dimiliki oleh KSP Kopdit Pintu Air terhadap lapangan kerja di wilayah tersebut. Koperasi ini bukan hanya lembaga keuangan, tetapi juga motor penggerak ekonomi yang memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan sektor pekerjaan di Kupang.

Dengan jumlah anggota yang mengesankan, mencapai 231.477 orang, KSP Kopdit Pintu Air tidak hanya menjadi yang terbesar di Kupang tetapi juga di Provinsi Nusa Tenggara Timur secara keseluruhan. Reputasi ini menjadi cermin dari kepercayaan anggota terhadap layanan keuangan yang diberikan oleh koperasi.

Prestasi lebih lanjut KSP Kopdit Pintu Air tercermin dari pencapaian prestisiusnya. Pada tahun 2020, koperasi ini bahkan masuk dalam 10 besar koperasi terbaik di Indonesia, menandakan komitmen terus-menerusnya terhadap inovasi, pelayanan yang unggul, dan kontribusi positif terhadap pembangunan ekonomi nasional.

Alamat Kantor Klp. Lima, Kec. Klp. Lima, Kota Kupang
LayananРPinjaman 
– Simpanan
Jam Buka Senin – Sabtu (08.00 – 15.00)
No.Telepon082147258361

5. Kopdit Solidaritas

Kopdit Solidaritas

Sejak berdiri pada tahun 1991, KSP Kopdit Solidaritas telah menjadi salah satu kekuatan utama dalam layanan keuangan di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dengan komitmen terhadap kesejahteraan anggotanya, koperasi ini telah membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

Dengan hadirnya 8 cabang yang tersebar di NTT, KSP Kopdit Solidaritas bukan hanya sekadar lembaga keuangan lokal, tetapi juga mitra yang dekat dengan anggotanya di berbagai lokasi. Keberadaan cabang-cabang ini mencerminkan komitmen koperasi untuk memberikan akses yang mudah dan inklusif kepada seluruh masyarakat di wilayah tersebut.

Pendapat positif dari banyak orang tentang pelayanan KSP Kopdit Solidaritas menunjukkan bahwa koperasi ini memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap kebutuhan dan harapan anggotanya. Kepuasan pelanggan menjadi indikator utama kualitas layanan, dan reputasi positif ini menandakan bahwa koperasi ini telah berhasil menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi para anggotanya.

Alamat Kantor Jalan Keuangan Negara No.1, Kayu Putih, Oebobo, Kupang 
Layanan– Simpanan
– Pinjaman
Jam Buka Minggu – jumat ( 08.00 – 16.00)
No. Telepon 0380846096

Dengan keberagaman koperasi simpan pinjam yang terpilih di Kupang, Nusa Tenggara Timur, masyarakat dapat memilih mitra keuangan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Koperasi-koperasi tersebut tidak hanya menawarkan layanan finansial yang handal, tetapi juga berperan dalam memperkuat daya saing ekonomi lokal.

Dengan jaringan yang luas, komitmen terhadap pelayanan berkualitas, serta prestasi-prestasi yang mengesankan, koperasi-koperasi ini menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi masyarakat Kupang. Diharapkan, melalui kerjasama yang erat antara koperasi dan anggotanya, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dapat terus diraih, mengangkat kesejahteraan bersama di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Facebook
Twitter
Email
Print

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Didukung Oleh :

Latest Article