Apakah Anda akan memulai bisnis? Atau berupaya mengembangkannya lagi? Nah, dalam dunia bisnis sangatlah membutuhkan analisis SWOT. Pasalnya, persaingan semakin hari semakin ketat apalagi bagi bisnis UMKM. Tentunya mereka akan selalu berupaya mengembangkan bisnisnya supaya tidak kalah dalam bersaing.
Maka dari itu, pentingnya analisis SWOT dalam mengembangkan bisnis UMKM. Lalu, sebenarnya apa sih analisis SWOT itu? Nah, marilah kita simak tentang analisis SWOT melalui ulasan berikut ini:
A. Pengertian dari Analisis SWOT
Analisis SWOT merupakan sebuah strategi dalam mengidentifikasi serta mengevaluasi suatu bisnis. Semua orang menyebut SWOT , karena berasal dari kata strength, weakness, opportunity dan threat.
Perlu Anda ketahui, tanpa informasi dari SWOT ini, pelaku usaha akan kesulitan untuk mengetahui potensi pasar, seperti apa peluang pasar yang bisa dieksploitasi dan bagaimana cara mengatasi persaingan.
Namun, dengan menerapkan analisis SWOT, hal ini sangatlah berguna dalam mengembangkan suatu bisnis. Sebab, Anda akan semakin mudah untuk merencanakan, mengembangkan dan mengatasi berbagai permasalahan.
B. Tips Menganalisis SWOT
Setelah Anda mengetahui pengertian dari analisis SWOT, maka Anda perlu mempelajari dan mengaplikasikan keempat elemen tersebut.
1. Strength (Kekuatan)
Arti strength bagi analisis SWOT yaitu hal yang menjadi kekuatan atau kelebihan bisnis Anda dari para kompetitor. Sebagai contoh, bisnis UMKM Anda produk kreatif, apakah bisnis tersebut lebih unggul dari produk yang dibuat atau dipengaruhi oleh kinerja karyawan sangat bagus ketika menciptakan produk tersebut atau yang lainnya.
Maka dari itu, Anda perlu menganalisis kelebihan dari bisnis Anda. Berikut beberapa contoh pertanyaan guna menganalisis strength, antara lain:
- Bisnis apa saja yang sudah Anda lakukan?
- Produk atau layanan apa yang paling banyak diminati konsumen?
- Bagaimana tanggapan konsumen terkait kelebihan produk atau layanan?
- Apa kelebihan bisnis Anda dibanding para kompetitor?
2. Weakness (Kelemahan)
Di setiap bisnis, tentu tidak ada yang sempurna, seperti kalah bersaing dengan kompetitor atau masalah lainnya. Sehingga membuat bisnis Anda mengalami penurunan. Maka dari itu, pentingnya menganalisis weaknes supaya menemukan solusi dari berbagai masalah tersebut.
Berikut ini terdapat beberapa contoh pertanyaan dalam menganalisis weaknes, antara lain:
- Bisnis apa saja yang sudah Anda lakukan?
- Apa yang membuat para konsumen kurang puas dengan bisnis Anda?
- Apa penyebab bisnis Anda bisa tertinggal dari para kompetitor?
- Produk atau layanan apa yang kurang diminati oleh para konsumen?
3. Opportunity (Peluang)
Pada dasarnya, bisnis dapat dikatakan sukses apabila cermat dalam mengambil peluang. Misalnya, jika bisnis Anda kuliner atau bisnis yang berhubungan dengan makanan, maka Anda perlu menambah menu makanan yang sedang ramai diperbincangkan. Adapun contoh pertanyaan dalam menganalisis opportunity, antara lain:
- Tren apakah yang dapat bisnis Anda ikuti?
- Produk atau layanan apa yang dapat meningkatkan value bisnis Anda?
- Bagaimana persaingan Anda dengan para kompetitor?
4. Threat (Ancaman)
Ancaman muncul karena adanya penyebab yang membuat bisnis Anda mengalami kerugian atau tertinggal. Contohnya, peristiwa pandemi yang membuat seseorang tidak dapat berkunjung karena peraturan dari pemerintah. Contoh lainnya yaitu adanya persaingan dengan kompetitor yang lebih paham mengenai bisnis tersebut.
Supaya Anda menemukan solusinya, maka Anda perlu menganalisis threat. Berikut ini contoh pertanyaannya, yaitu sebagai berikut:
- Apa yang telah dilakukan kompetitor?
- Tren apa yang sudah Anda lewatkan?
- Masalah politik atau ekonomi yang mempengaruhi bisnis Anda?
- Apakah terdapat perubahan peraturan dari pemerintah?
C. Tujuan dari Analisis SWOT
Tujuan dari analisis SWOT secara umum yaitu untuk mendapatkan petunjuk atau solusi guna mengembangkan suatu bisnis. Berikut ini terdapat beberapa tujuannya, yaitu sebagai berikut:
- Mampu mengidentifikasi masalah dan risiko yang perlu diselesaikan.
- Mampu menentukan tujuan di suatu bisnis.
- Meminimalisir kesalahan faktual, pemasaran maupun manajemen.
- Membangun produk atau layanan yang berkualitas..
- Mampu mengembangkan peluang dengan cepat.
Itulah pentingnya analisis SWOT dalam mengembangkan bisnis UMKM. Pasalnya, bisnis membutuhkan strategi supaya mencapai kesuksesan. Maka dari itu perlunya menganalisis SWOT dalam bisnis yang Anda jalani sekarang.