Situs Resmi Dewan Koperasi Indonesia

DEWAN KOPERASI INDONESIA

TRANSFORMASI DIGITAL BISNIS KOPERASI MENUJU KOPERASI KUAT, MODERN, DAN MANDIRI

Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid Luncurkan Logo Peringatan Harkopnas

Logo Resmi Harkop Tahun 2021
Logo Resmi Harkop Tahun 2021

Epicentrum.co.id – Menjelang pelaksanaan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) yang jatuh pada 12 Juli. Dekopin di bawah kepemimpinan Nurdin Halid meluncurkan logo dan tema Hari Koperasi ke-74 tahun 2021.

Logo itu didominasi warna abu abu dengan angka 74. Hari Koperasi Indonesia sendiri mulai diperingati pada tanggal 12 Juli 1947, setelah kemerdekaan Republik Indonesia.
Hari Koperasi tahun ini di tengah keprihatinan bangsa yg masih mengalami pandemi Covid-19. Diharapkan bersama, Dekopin dapat berperan strategis dalam memperkuat usaha kecil dan menengah dalam rangka menopang pemulihan ekonomi nasional

Dekopin sebagai wadah tunggal gerakan koperasi sebagaimana amanat UU No.25/1992 dan Keppres No.6/2011 tentu saja harus mengambil peran terdepan dalam kegiatan ini.

Dalam sejarahnya seabad setelah koperasi pertama berdiri di Inggris, para Pendiri Bangsa Indonesia menetapkan KOPERASI sebagai sistem ekonomi Indonesia Merdeka. Bisnis Koperasi sarat nilai yang selaras dengan budaya gotong-royong dan kesengsaraan rakyat selama 3,5 abad di era kolonial Belanda mendorong para Bapak Bangsa meletakkan KOPERASI pada Ayat 1 Pasal 33 Konstitusi UUD 1945.

Komitmen besar Bung Hatta tentang arti penting KOPERASI ditunjukkan saat ia mendorong dan menghadiri Kongres Koperasi I di Tasikmalaya yang melahirkan DEWAN KOPERASI INDONESIA sebagai wadah tunggal gerakan koperasi NKRI. Dekopin hari ini ditopang oleh 58 induk koperasi, 34 Dekopinwil, 514 Dekopinda, dan 138.000 unit koperasi dengan anggota lebih dari 45 juta orang yang tersebar di seluruh Nusantara.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *