Situs Resmi Dewan Koperasi Indonesia

DEWAN KOPERASI INDONESIA

TRANSFORMASI DIGITAL BISNIS KOPERASI MENUJU KOPERASI KUAT, MODERN, DAN MANDIRI

Disambut Upacara Adat Sorong Serah, Nurdin Halid Apresiasi Soliditas dan Terobosan Gerakan Koperasi NTB

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Dr. (Hc). Nurdin Halid mengapresiasi soliditas dan langkah-langkah terobosan gerakan koperasi Nusa Tenggara Barat. Ia juga memuji Komitmen Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang ingin memajukan UMKM melalui wadah koperasi.

Hal itu diungkapkan Nurdin Halid dalam sambutannya pada acara Rapat Kerja Wilayah Dekopinwil NTB di Desa Batu Tete, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB Sabtu (25/9/2021). Rakerwil ini terasa istimewa karena dirangkaikan dengan acara pengukuhan pengurus baru Dekopinwil NTB serta pelantikan secara kolektif pimpinan 10 Dekopinda Kabupaten/Kota se-NTB hasil Musyawarah Daerah tahun 2020/2021.

“Hari ini saya sangat senang menyaksikan semangat kebersamaan, soliditas, dan terobosan-terobosan penting yang dilakukan Dekopinwil dan seluruh Dekopinda dari 10 kabupaten/Kota di NTB. Ini pertama kali saya menyaksikan pelantikan Dekopinda se-propinsi dilakukan secara kolektif dengan menghadirkan segenap unsur stakeholders koperasi, mulai pemprov, pemda, camat, kepala desa, pengurus koperasi hingga tokoh masyarakat dan mitra kerjasama,” ujar Nurdin Halid.

Kehadiran Nurdin Halid disambut upacara adat penyambutan tamu Sorong Serah Ajikrama yaitu penerimaan Nurdin Halid secara agung penuh daya magis alami agar bisa menyatu dalam kekerabatan keluarga Tete Batu. Nurdin Halid didampingi Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj., dan Ketua Dekopinwil NTB Ir. Mahmud Razak, MM beserta rombongan VIP lainnya seperti HL Hasan Rahman (ketua Partai Golkar Lombok Timur), Daeng Paelori S.E ( wakil ketua I DPRD Lombok Timur), H Mauud Adam SH (anggota DPR Komisi I NTB), serta Lalu Azhabidin Tarmizi (Ketua Advokasi BPKH Dekopinwil NTB).

“Terima kasih tak terhingga saya haturkan kepada Pak Camat, Pak Kades, dan tokoh masyarakat Tete Batu yang telah menerima sebagai keluarga dalam sebuah upacara adat yang luar biasa. Terima kasih Pak Mahmud (Ketua Dekopinwil NTB) dan seluruh panitia yang telah mempersiapkan seluruh rangkaian acara hari ini,” ujar Nurdin Halid di awal sambutannya.

Desa Tete Batu, sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram, terletak di lereng Gunung Rinjani, adalah salah satu desa wisata terbaik Indonesia dan akan mengikuti lomba Desa Terbaik Dunia tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Organisasi Pariwisata PBB (UNWTO). Hari itu, Nurdin Halid memang benar-benar berada di tengah keluarga Desa Tete Batu. Selain tamu VIP, hadir di lokasi acara unsur pemerintahan Kecamatan Sikur, kepala desa Tete Batu beserta tokoh masyarakat dan pemuda Tete Baru, di samping ketua beberapa koperasi primer.

“Saya merasa bangga bercampur rasa haru berada di tengah masyarakat koperasi di sebuah desa yang indah, sejuk, dan alami. Sebagai pribadi maupun sebagai ketua umum Dekopin beserta seluruh Gerakan koperasi di NTB memberikan dukungan kepada Desa Tete Batu agar nanti bisa bersaing dan meraih hasil terbaik dalam lomba Desa Wisata Dunia PBB tahun 2021 ini,” ujar Nurdin yang disambut aplaus oleh seluruh undangan dan peserta yang hadir.

Pesan dan Harapan

Nurdin Halid juga memuji visi dan komitmen Pemda Lombok Timur yang menjadikan koperasi sebagai sistem dan alat yang efektif untuk memberdayakan ekonomi rakyat berskala mikro, kecil, dan menengah. Dia berharap, kerjasama Pemda Lombok Timur dan Gerakan koperasi terus diperkuat dan diperluas.

“Sebagai ketua umum Dekopin, saya sangat menghargai komitmen Pak Bupati dan wakil bupati yang berikhtiar memajukan ekonomi rakyat melalui koperasi. Saya sungguh berharap, program-program untuk ekonomi rakyat di Lombok Timur melibatkan Gerakan koperasi,” kata Nurdin.

Dalam kaitan itu, Nurdin Halid menyampaikan beberapa catatan dan pesan untuk Gerakan koperasi NTB yang melakukan Rakerwil. Dikatakan, orientasi Gerakan koperasi Indonesia saat ini ialah transformasi, digitalisasi, dan kolaborasi yang bermuara pada koperasi yang kuat dan mandiri sebagai ‘rumah besar bersama’ UMKM yaitu petani, nelayan, pengrajin, pedagang, dan lain-lain.

“Jaga terus soliditas dan Komitmen Membangun koperasi. Gerakan Koperasi NTB sudah berada di jalur yang benar seperti dicanangkan hari ini oleh Ketua Dekopinwil dan seluruh ketua Dekopinda se-NTB. Saya percaya, lima tahun ke depan, gerakan koperasi NTB mampu membuat lompatan gemilang,” ujar Nurdin.

Untuk itu, Nurdin berpean agar Rakerwil membahas langkah-langkah besar yang diikuti komitmen kuat untuk mewujutkannya secara bersama-sama. Secara khusus, Nurdin menyatakan salut dengan langkah cepat dan konkrit Dekopinwil NTB dalam merealisasikan digitalisasi koperasi.

Ketua Umum Dekopin Dr. (HC). Nurdin Halid (tengah) didampingi wakil ketua umum Dekopin Raliansen Saragih (paling kanan), dan wakil bupati Lombok Timur H. Rumaksi Sj (keempat dari kanan) berpose bersama lima koperasi NTB usai penandatanganan perjanjian Kerjasama dengan DIGIKOP yang diwakili Direktur Media dan Corporate Affairs, Yosef Tor Tulis (kedua dari kanan).

“Saya senang dan bangga bahwa hari ini Dekopinwil dan Dekopinda se-NTB berkomitmen untuk mendigitalisasi koperasi-koperasi di NTB. Penandatanganan perjanjian kerjasama antara DIGIKOP mitra Dekopin dengan 5 koperasi di NTB adalah langkah awal sebagai pilot project. NTB menjadi propinsi pertama yang mewujutkan program unggulan Dekopin yaitu mendidigitalisasi koperasi-koperasi di wilayahnya,” puji Nurdin.

Pada acara pembukaan Rakerwil itu, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Digikop dengan Koperasi Integrasi Lintas Usaha, Digikop dengan KUD Tunggal Kayun, Digikop dengan Koperasi Taksi Lombok Baru, Digikop dengan KUD Tri Karya dan Digikop dengan KPRI Damai. Pihak Digikop diwakili Yosef Tor Tulis selaku Direktur Media dan Corporate Affairs. Selain itu, penandatanganan kerjasama juga dilakukan antara PT. Anugerah Bangun Sinergi dengan Koperasi Integrasi Lintas Usaha.

Nurdin berharap, Dekopinwil dan Dekopinda se-NTB melalui Rakerwil secara bersama-sama koperasi meracang konsep yang rasional, detail, terukur. Dengan begitu, Pemda tidak akan ragu-ragu memakai koperasi sebagai sistem dan alat memajukan ekonomi rakyat di NTB.

“Koperasi harus memastikan bahwa anggaran atau program bantuan Pemerintah pusat maupun daerah yang tersebar di banyak dinas berjalan baik, terkawal dengan baik sehingga memberikan manfaat nyata bagi rakyat secara berkelanjutan. Dekopinwil dan Dekopinda berperan sebagai ‘fasilitator sekaligus konsultan’ koperasi dalam menjalankan program Pemerintah untuk pemberdayaan UMKM-UMKM anggotanya,” tandas Nurdin mengakhiri sambutannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *