Situs Resmi Dewan Koperasi Indonesia

DEWAN KOPERASI INDONESIA

TRANSFORMASI DIGITAL BISNIS KOPERASI MENUJU KOPERASI KUAT, MODERN, DAN MANDIRI

Beri Orasi Ilmiah di Dies Natalis ke-60 Tahun, Nurdin Halid Dorong UNM Jadi Pelopor Prodi Kewirakoperasian

Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM), Nurdin Halid memberikan orasi ilmiah di momentum Dies Natalis UNM ke-60 tahun, Senin (2/8). Dies Natalis bertema Transformasi Pendidikan Berbasis ‘Enterprenurship di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka’ ini berlangsung secara blended di Ballroom Teater Pinisi dan via Zoom.

NH (sapaannya) mengatakan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat UNM manfaatkan untuk menggagas Prodi Kewirakoperasian sebagai tuntutan perkembangan dan kebutuhan di dunia nyata. Alumni UNM itu juga memberikan gambaran kerjasama jika gagasan tersebut bisa diwujudkan.

“Selaku Ketua Umum Dekopin saya merasa terpanggil untuk memperjuangkan Kewirakoperasiaan sebagai Prodi khusus pilihan di kampus seluruh Indonesia,” katanya.

Lanjut, NH menjelaskan bahwa UNM memiliki potensi inovasi utamanya konsep kewirakoperasian. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi program andalan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah strategi menarik untuk menciptakan entreprenur di masa depan.

Menurutnya mahasiswa perlu keluar kampus untuk mengasah kemampuan adaptif dan pemecahan masalah di dunia nyata. Program seperti magang, pertukaran pelajar, pengabdian masyarakat dan berwirasuaha merupakan bentuk dari MBKM.

“Saya percaya UNM sudah memiliki rencana strategis dan peta jalan yang menjabarkan kebijakan MBKM, sebagai alumni UNM juga berlatar praktisi koperasi saya lebih tertarik mempromosikan konsep kewirakoperasian daripada kewirausahaan,” ujarnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *