Situs Resmi Dewan Koperasi Indonesia

DEWAN KOPERASI INDONESIA

TRANSFORMASI DIGITAL BISNIS KOPERASI MENUJU KOPERASI KUAT, MODERN, DAN MANDIRI

Bahas Kapitalisme, Nurdin Khalid Jelaskan Koperasi di Indonesia Pada Masa Lampau Hingga Revolusi Industri 4.0

Nurdin Halid Alumni Universitas Negeri Makasar (UNM) sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNM memberikan sambutan Orasi Ilmiah dengan tema “Transformasi Pendidikan Berkualitas Berbasis Enterpeneurship di Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka” pada Dies Natalis UNM yang ke-60 tahun.

Dalam sambutannya, Nurdin Khalid mengatakan sebuah pandangannya tentang peristiwa ideologi pada beberapa tahun silam hingga saat ini dengan mengamati asas pada kehidupan masa kini.

“Liberalisme yang disebut adalah koperasi sejarah kapitalisme, sejak awal 60an hingga tahun ini membuktikan bahwa buah dari kapitalisme sulit menetes kereatika rumput yang menyebar di pelosok-pelosok, di pulau-pulau kecil dan terpencil ataupun di perkampungan, kumuh dan perkotaan,” katanya.

Lebih lanjut, Ia juga membeberkan koperasi negara saat ini cukup tinggi, kejadian kelembagaan koperasi cara mengelolanya pun masih pemula pada bagian usahanya.

“Fakta menunjukkan perkoperasian masyarakat indonesia sangat tinggi, masalah lembaga perkoperasian secara marginal dikelola amatiran, karena itulah pemerintah orde baru mendirikan koperasi dan SMA koperasi di sejumlah daerah dan institut koperasi,” ujarnya.

Terakhir, Ia mengungkapkan sekolah yang berstatus koperasi saat ini sudah asing lagi di pendidikan, bahkan sudah ada yang dialihkan dengan mengganti nama.

“Tapi sayang di era reformasi saat ini pendidikan koperasi tidak terurus bahkan sebagian beralih status,” ungkapnya. (*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *