Di dunia koperasi pasti tidak akan jauh dengan keuangan dan perhitungan. Sebagian orang mungkin tidak paham apa yang dimaksud dengan koperasi. Koperasi mempunyai arti sebuah organisasi yang dimiliki dan dijalankan oleh para anggota untuk memenuhi kebutuhan bersama di bidang ekonomi. Untuk menjalankan koperasi yang lebih baik, sudah pasti koperasi tidak akan jalan sendiri tanpa adanya dukungan dari hal lain. Salah satu hal yang membuat koperasi berjalan dengan baik adalah manajemen, terutama fungsi manajemen.
Sebelum mengetahui apa hubungan dari fungsi manajemen dalam kegiatan koperasi, lebih baik mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan manajemen dan apa saja fungsi dari manajemen.
Table of Contents
TogglePengertian Manajemen
Banyak orang yang belum mengerti apa yang dimaksud dengan manajemen. Untuk mengetahui pengertian dari manajemen, sekarang akan membahas apa yang dimaksud dengan manajemen.
Kata lain dari manajemen adalah pengelolaan/pengaturan. Dan manajemen mempunyai arti sebuah cara untuk mencapai tujuannya dengan terarah dan teratur. Dalam kegiatan kelompok atau individu pasti membutuhkan manajemen, karena manajemen adalah hal yang pasti dibutuhkan dalam aspek kehidupan sehari-hari.
Manajemen biasa dikenal sebagai sebuah proses yang dilakukan seseorang untuk mengatur kegiatan yang dikerjakan. Manajemen dilakukan untuk memenuhi target yang akan segera dicapai oleh kelompok atau individu dalam kerjasama dengan memaksimalkan sumber daya yang ada. Manajemen mengandung unsur perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, tujuan, dan pelaksanaan individu atau kelompok.
Fungsi Manajemen
Setelah mengetahui pengertian dari manajemen, pasti anda bertanya-tanya apa saja fungsi yang dimiliki oleh manajemen. Sekarang akan membahas apa saja fungsi manajemen.
Fungsi manajemen tentunya sangat banyak, yaitu:
1. Perencanaan
Fungsi utama yang dimiliki oleh manajemen adalah perencanaan. perencanaan yang dimaksud disini yaitu merencanakan strategi untuk tujuan yang akan dicapai. Yang dibutuhkan dari perencanaan yaitu manajemen.
Perencanaan mempunyai arti penentuan yang dilakukan dulu sebelum melakukan apa yang akan dikerjakan. Perencanaan yang baik harus memuat unsur 5W 1H (what, why, where, when, who, dan how).
2. Perorganisasian
Yang dimaksud dengan perorganisasian adalah sebuah fungsi manajemen yang bertujuan untuk membagi tugas sesuai kemampuan yang dimiliki. Untuk mengatur sebuah kelompok atau individu sangat membutuhkan fungsi manajemen ini. Dalam organisasi tersebut ada tugas yang dibagikan sesuai dengan jabatannya.
3. Pengarahan
Setelah membagi-bagikan tugas ke kelompok/individu sesuai bidangnya, pengarahan sangat dibutuhkan. Tujuan dibutuhkannya pengarahan tersebut untuk mencapai tujuan dengan baik dan meminimalkan resiko penghambatan pada sebuah rencana. Cara yang bisa dilakukan untuk pengarahan yaitu pemberian motivasi, konsultasi tugas, dan memberikan pembimbingan.
4. Pengawasan dan Evaluasi
Evaluasi juga dibutuhkan untuk menilai hasil kerja yang sudah dilakukan. Evaluasi juga dibutuhkan untuk mengontrol kemajuan dari pekerjaan yang sudah dikerjakan. Untuk mencegah terjadinya penyimpangan, manajemen biasanya menggunakan fungsi pengawasan. Pengawasan juga diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sebuah kelompok atau perusahaan harus menerapkan fungsi ini sehingga dapat mencapai tujuan dengan baik dan efektif.
Hubungan Fungsi Manajemen Dalam Kegiatan Koperasi
Koperasi termasuk dalam kategori kegiatan yang dilaksanakan oleh perusahaan. Maka dari itu kegiatan koperasi juga berkaitan dengan fungsi manajemen. Hubungan fungsi manajemen dalam kegiatan koperasi yaitu fungsi manajemen yang mengarah ke keberhasilan menuju tujuan dengan baik dan benar. Koperasi juga perlu melakukan pekerjaan tersebut dengan hasil yang baik dan benar. Koperasi juga membutuhkan adanya perencanaan, pengorganisasiaan, pengarahan, dan pengawasan serta pengevaluasian.
Perencanaan dalam kegiatan koperasi adalah susunan-susunan rencana yang akan dilakukan untuk melakukan pekerjaan, seperti menyusun ketentuan mengenai tugas, wewenang dan tanggung jawab anggota pengurus koperasi dan ketentuan mengenai pelayanan terhadap anggota koperasi, dan masih banyak perencanaan pekerjaan yang lain.
Pengorganisasian dalam koperasi yaitu membuat organisasi/kelompok untuk melakukan kegiatan, seperti membuat organisasi/kelompok untuk mewakili koperasi di luar maupun didalam koperasi. Pengarahan dalam koperasi yaitu pengarahan untuk menjalankan tugas sesuai bidangnya.
Pengawasan dalam koperasi juga dibutuhkan untuk melihat kinerja, apakah pekerjaan tersebut sudah ada kemajuan atau mengalami penurunan. Dan yang terakhir yaitu evaluasi, didalam kegiatan koperasi juga perlu adanya evaluasi untuk menilai hasil kerja yang sudah dilakukan.
Artikel diatas adalah pembahasan tentang hubungan fungsi manajemen pada kegiatan koperasi. Jadi semua pekerjaan yang dikerjakan oleh individu atau kelompok harus menerapkan semua fungsi manajemen, agar pekerjaan akan tercapai dengan baik dan benar.